Loonie telah jatuh ke level terendah dalam hampir dua tahun — inilah alasannya

Dolar Kanada jatuh ke level terendah dalam hampir dua tahun pada hari Jumat, karena investor di seluruh dunia mensurvei prospek ekonomi yang memburuk dan berlari menuju keamanan dolar AS.

Dolar Kanada berpindah tangan hanya sebesar 75,15 sen AS pada satu titik pada Jumat pagi. Itu level terendah untuk mata uang sejak Oktober 2020.

Loonie turun sekitar setengah sen dari penutupan Kamis, hanya penurunan terbaru dalam rangkaian mereka untuk mata uang Kanada. Loonie turun lebih dari satu sen pada hari Selasa ketika data dari AS menunjukkan tingkat inflasi inti negara itu masih mengarah ke arah yang salah: naik .

Mata uang satu negara tidak sering terjun karena data ekonomi yang keluar dari negara lain, tetapi tidak demikian saat ini karena seberapa besar masalah inflasi.

Inflasi yang sangat tinggi di AS meningkatkan kemungkinan bahwa bank sentral negara itu harus menaikkan suku bunganya bahkan lebih agresif daripada sebelumnya. Federal Reserve AS dijadwalkan untuk melakukan hal itu minggu depan, menaikkan suku bunga acuannya setidaknya 75 basis poin menjadi 3,25 persen, jika tidak lebih.

Penetapan harga dalam investasi yang dipatok pada suku bunga Fed menunjukkan investor berpikir bahwa suku bunga bank AS pada akhirnya akan mencapai empat atau bahkan lima persen.

“Harga akan memuncak lebih tinggi dari yang diasumsikan beberapa bulan yang lalu, dan bertahan lebih lama dari perkiraan semula,” kata Audrey Childe-Freeman, ahli strategi valuta asing di Bloomberg Intelligence. “Pada titik tertentu pasar akan fokus pada siklus Fed berikutnya [pemotongan suku bunga] tapi ini masih jauh.”

Jika suku bunga Fed naik menjadi 4,5 tahun depan, seperti yang diharapkan investor, itu jauh lebih tinggi daripada yang kemungkinan bisa dicapai oleh Bank Kanada, itulah sebabnya kesenjangan dalam mata uang kedua negara melebar.

Bagaimana kenaikan suku bunga memengaruhi mata uang

Semua hal dianggap sama, kenaikan suku bunga meningkatkan nilai mata uang suatu negara karena membuat lebih bermanfaat bagi investor asing untuk memarkir uang mereka di sana: mereka akan mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi untuk melakukannya. Aturan praktis itu bahkan lebih berlaku dari biasanya saat ini, karena dolar AS dipandang sebagai tempat teraman untuk menyimpan uang Anda selama masa ketidakpastian.

“Ada banjir mutlak uang ke dalam dolar AS karena itu adalah safe haven unggulan dan karena ekonomi AS jauh lebih kuat daripada di mana pun,” kata Adam Button, kepala analis mata uang dengan perusahaan valuta asing ForexLive.

Loonie sepertinya sedang terjun bebas karena hampir semua hal yang bukan dolar AS sedang dihantam saat ini, katanya. Dibandingkan dengan mata uang lain seperti euro, pound Inggris, dan yen Jepang, dolar Kanada sebenarnya menguat tahun ini. Tapi itu jatuh pada tolok ukur yang diukur sebagian besar orang Kanada: dolar AS.

Alasan lain untuk kelemahan relatif loonie adalah pelemahan harga komoditas seperti minyak dan emas, karena prospek ekonomi global semakin buruk.

“Komoditas lemah, sebagian besar karena pasar (akhirnya) menyadari fakta bahwa prospek permintaan global terlihat suram,” kata Bipan Rai, analis valuta asing CIBC. “Itu penting untuk proksi utama seperti dolar Kanada.”

Harga satu barel minyak telah turun sekitar $30 sejak Juni, yang dalam keadaan normal akan lebih dari cukup untuk menyeret loonie turun.

Tetapi tekanan jual itu diperburuk oleh apa yang menurut investor akan dilakukan oleh bank sentral. Sementara bank sentral Kanada juga menaikkan suku bunga secara agresif, rasa sakit pada pasar perumahan negara dan belanja konsumen kemungkinan akan memaksa bank sentral untuk segera menghentikan kenaikan suku bunga.

“Sampai minggu lalu, pasar mengatakan keduanya akan berhenti sekitar empat persen,” kata Button. “Sekarang pasar mengatakan Fed bisa naik lebih tinggi, tetapi Bank of Canada mungkin tidak bisa.”

Jika itu terjadi, itu adalah resep untuk menghasilkan lebih banyak uang ke dalam dolar AS, itulah sebabnya Button tidak akan terkejut melihat penurunan loonie di bawah 73 sen pada akhir tahun.

“Orang Kanada mungkin tidak sepenuhnya menghargai betapa buruknya hal itu,” katanya.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *